Share it

Minggu, 05 Juli 2009

LAPORAN HASIL PENGAMATAN BAKTERI PADA VAGINA MANUSIA

A.Tujuan : Mencari bakteri pada vagina manusia.

B.Alat dan Bahan
 Alat :
1. Mikroskop
2. Objek glass
3. Kapas Alkohol

 Bahan :
1. Sekret Vagina
2. Gentian Violet
3. Fukcin
4. Lugol
5. Alkohol 96 %
6. Air
7. Imersi oil

C. Cara Kerja :
a.Menyediakan sekret vagina yang telah disimpan selama ± 1 minggu yang terdapat di atas objek glass.
b.Ditetesi dengan Gentian Violet secukupnya (selama 2 menit). Kemudian disiram dengan air mengalir.
c.Ditetesi dengan Lugol secukupnya (selama 1 menit). Kemudian disiram dengan alkohol.
d.Ditetesi dengan Fukcin secukupnya (selama 30 detik). Kemudian disiram dengan air mengalir.
e.Ditetesi dengan Imersi Oil secukupnya.
f.Memeriksa hasilnya di bawah Mikroskop dengan pembesaran 10-40 kali.

D. Tinjauan Teoritis

1. Lactobacillus
Lactobacillus (organisme yang memproduksi susu asam) yang biasanya hadir dalam vagina manusia, di mana mereka memberikan kontribusi untuk mempertahankan suatu kondisi yang acidic inhibits perkembangan mikroorganisme lainnya vaginal. Berbagai persiapan non-resep yang mengandung Lactobacillus telah touted sebagai membantu dalam memperlakukan vaginitis (peradangan vaginal), tetapi mungkin isi dari persiapan ini adalah bukan apa itu purported menjadi. Lactobacillus menghasilkan anti bakteri. Filtrat Lactobacillus dapat menghambat pertumbuhan bakteri pathogen.
Lactobacillus telah lama dianggap sebagai perlindungan flora dalam vagina. Perempuan dengan vaginal infeksi telah menggunakan berbagai produk non-resep dalam upaya untuk memulihkan mereka normal vaginal flora. Produk yang mengandung lactobacillus termasuk produk susu (yogurt, susu acidophilus) dan komersial Lactobacillus powders tersedia dan tablet. Baru-baru ini, Lactobacillus spesies yang menghasilkan hidrogen peroksida (H2O2) yang terkait dengan normal vaginal flora.


E. Hasil Pengamatan
Berdasarkan hasil pengamatan pada feses yang dilakukan di bawah mikroskop dengan perbesaran 10 x – 40 x terlihat bahwa adanya bakteri ”lactobacillus”. Berikut ini dalah gambar bakteri ”lactobacillus” :



Nama bakteri : lactobacillus
Warna : Hitam
Bentuk : Bulat lonjong memanjang


F. Kesimpulan
Dari hasil pengamatan telah ditemukan bakteri lactobacillus. Lactobacillus (organisme yang memproduksi susu asam) yang biasanya hadir dalam vagina manusia, di mana mereka memberikan kontribusi untuk mempertahankan suatu kondisi yang acidic inhibits perkembangan mikroorganisme lainnya vaginal. Lactobacillus menghasilkan anti bakteri. Filtrat Lactobacillus dapat menghambat pertumbuhan bakteri pathogen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar